Rumah Makan Inggil

24-06-2017
59-Rumah-Makan-Inggil.jpg

Berdasarkan saran yang kami terima sob, kami coba untuk mereview Rumah Makan Inggil yang ada di Malang. Resto yang satu ini yakni rumah makan yang menyediakan makanan enak dan ada museumnya. Berkunjung kesini tentunya perut akan kekenyangan, ya jikalau pesan makanan :D. Apalagi barang antik yang ada di tempat ini, kian memberikan kesan interior jadul dan ciamik sob. Serasa masuk museum. Pantaslah cafe ini dinamakan "INGGIL MUSEUM RESTO".

Tak heran, jikalau Rumah Makan Inggil ada yang bilang cafe ala museum. Pengunjung dimanjakan bermacam-macam barang vintage dan barang-barang antik. Untuk interior cafe, Inggil menawarkan bangku dan meja atau lesehan, sobat dapat menentukan opsi. Lantainya masih ubin abu-abu yang dingin dan dindingnya semi permanen. Uniknya, mereka memasang foto Gunung Arjuno super besar di dinding dan membuat gubuk lesehan dari bambu. Jadi rasanya seperti makan di bawah kaki gunung Arjuno, sob.

Di bagian tengah cafe terdapat panggung tradisional yang cukup besar, tapi sewaktu saya berkunjung kesana, panggung nya lagi direnovasi. Sedangkan biasanya ada pertunjukan gamelan, ketoprak, keroncong hingga dangdut campur sari. Sedangkan di luar cafe juga terdapat panggung wayang. Sedang tak ada pertunjukan juga hari itu.

Jangan salah, walaupun cafe ini seperti rumah tradisional, ternyata mereka menyediakan Wi-Fi cuma-cuma sob. Dari depan pintu kita telah diberitahu \\\"dateng mriki saget hotsepot\\\". Artinya, datang kesini, ada hotspot gratisnya.

Banyak opsi menu seumpama untuk ikan segar ada opsi ikan gurami, kakap merah, kakap putih dan kerapu. Kita dapat memilih dipersembahkan dengan sistem dibakar, digoreng atau bumbu asam manis. Harganya sekitar 11 ribu - 13 rb per ons tergantung tipe ikannya.

Malah, Museum Malang Tempo Doeloe dibangun berawal dari rumah makan ini lho. Pandangan mendirikan museum dicetuskan oleh Pak Dwi Cahyono di tahun 1997. Ia ingin mengemas sejarah Kota Malang menjadi tujuan wisata yang menyenangkan. Gagasan ini dimulai saat Rumah Makan Inggil, cafe bernuansa vintage dan tempo doeloe dibangun. Resto Inggil ini kemudian terletak bersebelahan dengan Museum Malang Tempo Doeloe di Jalan Gajah Mada.

 

Video Terkait

Komentar Pengunjung

Tinggalkan Komentar